Xlangkah Lebih Dekat dengan Budaya Lokal

3:12:00 PM Gehol Gaul 2 Comments

Seiring dengan bertambahnya usia dan ilmu, dulu aku merasa bahwa apa yang ada di kampungku kuno belaka. Banyak mitos, pamali, legenda, dan cerita kuanggap sebagai penghambat kemajuan. Otakku telah dipenuhi oleh rasa iman berlebih dan pemujaan terhadap akal sehat.
Ilustrasi Cinta Leluhur (http://3.bp.blogspot.com)


Namun saat mulai dewasa baik secara fisik dan mental, maka kerinduanku akan kearifan leluhurku bangkit. Rasa rindu sekaligus keinginan menggali makna dibaliknya membuatku kian rajin mencari info. Internet adalah salah satu media yang sangat membantu. Tinggal ketik kata dan klik, maka sedikit banyak info akan tampil.

Ada keuntungan tersendiri karena jaringan internet yang kumiliki lebih cepat. Hal ini membuatku XLangkah Lebih Maju dalam mendapatkan info. Artikel dan tulisan lainnya yang terkait dengan kearifan lokal dengan mudah kudapatkan. Pada akhirnya akupun bisa dengan mudah berbagi dengan kawan, sahabat dan siapa saja yang mampir ke blogku.

Dalam blogku, sengaja aku kulik ingatanku semasa kecil dan menambahnya dari info kawan-kawan. Banyak teman dan sahabat yang satu grup denganku di jejaring sosial. Sayangnya meskipun kami dapat berhubungan dengan mudah lewat jeajring sosial, masalah jaringan menjadi kendala yang cukup sering. Sekali lagi aku beruntung sebab jaringanku yang bagus membuatku XLangkah Lebih Maju dalam berbagi info.

Kecepatan jaringan memang menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Bagaimana tidak saat aku sering stuck ketika membuat artikel mengenai kearifan lokal di kampungku. Sering aku harus menunggu info dari kawan dalam waktu yang cukup lama. Beruntung aku tidak menyerah, aku klik Google dengan kata kunci yang kuinginkan dan sederet hasilnya tiba dalam hitungan detik.  Dari berbagai website yang tampil, aku dapat memilah mana yang sesuai dan mana yang tidak. Ketika info dari kawan sudah tersedia di jejaring sosial, hasilnya tidak jauh berbeda. Kembali aku XLangkah Lebih Maju dalam hal ini.

Diantara kawan satu grup yang diikat oleh kedaerahan, akulah satu-satunya yang memiliki blog sebagai tempat untuk mendekatkan diri dengan sejarah masa lalu kampungku. Kegiatan ini memang mengasyikan apalagi blogku kadang dijadikan rujukan dan sumber informasi bagi kawan-kawan satu grupku. Mereka yang rindu kampung halaman dan sederet kisah tentangnya sangat terbantu dengan tulisan-tulisan di blogku.

Indah dan bahagia sekali bisa berbagi dengan sahabat. Bahkan sering juga aku, karena mulusnya jaringan internetku, menjadi problem solver bagi kawan-kawan grup jejaring sosialku. Kembali terbukti bahwa kedekatan sekaligus pemanfaatan internet yang baik membuatku XLangkah Lebih Maju.

Sekarang dan selanjutnya yang harus aku lakukan adalah konsisten menjaga agar ruh dan semangat blogku yang sebagian besar membahas kearifan lokal kampungku tetap terjaga. Dengan mengandalkan internet yang baik aku harus XLangkah Lebih Maju sekaligus Xlangkah Lebih Dekat dengan leluhurku. Mereka yang telah menyelipkan berbagai ajaran dalam setiap mitos, pamali, legenda, dan cerita. Agar generasi setelahku tetap mampu mengingat apa, siapa, dan bagaimana hebatnya leluhurku.



2 comments: