Sebiasa Apapun, Mereka Tetap Luar Biasa

3:01:00 PM Gehol Gaul 4 Comments

Kita Semua Sama, Tanpa Kecuali
Sering melihat ODHA yang berprestasi? Tentu saja mereka patut diacungi seluruh jempol yang dimiliki oleh kita. Mereka adalah salah satu contoh figur yang tidak menyerah meski sebuah tembok besar menghalangi pandangan, kreatifitas hingga gerak mereka.

Karena dunia ini bersifat kompetitif, maka tentu saja tidak mungkin semua ODHA akan seterkenal mereka yang biasa menghiasi media. Layaknya kita manusia biasa, ada sedikit yang dianggap berprestasi dan berguna bagi masyarakat. Sebagian besar lainnya dari kita tentulah menjalani kehidupan yang dianggap biasa saja bahkan tanpa arti.

Lalu bagaimanakah memberi apresiasi bagi mereka yang sama seperti kita, menjalani hidup yang biasa saja? Yang memiliki jalan sama seperti kita pada umumnya? Karena bagiku, memperhatikan mereka yang mayoritas ini tentu sangat penting.

 

Dari sisi perjuangan hidup, sebiasa apapun mereka sebenarnya mereka sangat luar biasa. Mungkin mereka tidak tampil di media. Namun keberadaan mereka sendiri secara tidak langsung berefek bagi masyarakat baik positif maupun negatif. Dalam sisi preventif, masyarakat harus berterima kasih kepada mereka. Tanpa mereka kemungkinan besar HIV/AIDS berkeliaran tanpa bentuk dan susah dikenali.

Mereka – suka atau tidak - adalah alarm hidup yang menyuruh kita mewaspadai adanya bahaya. Maka dengan otomatis, maka sesungguhnya masyarakat harus berterima kasih karena dengan adanya mereka maka pencarian terhadap obat HIV/AIDS bisa dilakukan. Mereka adalah orang-orang hebat yang secara sadar atau tidak baik langsung maupun tidak adalah ”kelinci percobaan” bagi kehidupan kita. Merekalah para pioner dalam bidang kesehatan khususnya untuk melawan endemi HIV/AIDS.

Mereka tetap luar biasa

Yang paling penting adalah memberikan kehidupan normal bagi mereka. Jangan sekali-kali hanya karena mereka mengidap HIV/AIDS maka kita memaksa mereka untuk berprestasi. Kita harus sadar dan realistis bahwa sebagaimana kehidupan pada umumnya, tidak semua penderita HIV/AIDS bisa berprestasi. Namun harus diingat bahwa meski mereka ”biasa saja”, bukan berarti mereka layak diabaikan.

Oleh karena penting bagi mereka meski hidup biasa untuk tetap percaya diri. Suka atau tidak, kemauan mereka membuka diri terhadap perhatian orang lainpun sebenarnya prestasi yang sangat membanggakan. Keberhasilan mereka terus bertahan di tengah stigma negatif masyarakat adalah prestasi yang sukar dicari tandingannya.

Masalah yang menimpa ODHA pada dasarnya sama dengan kita semua dari sisi pencapaian prestasi. Mayoritas dari kita pasti adalah manusia biasa. Namun, sebiasa apapun kita, pada dasarnya kita tetap memiliki hal-hal spesial baik bagi diri sendiri maupun orang-orang di sekitar kita. Kita tetap spesial bagi yang mencintai dan dicintai oleh kita.

Hanya saja nasib ODHA pasti lebih berat dalam menembus persaingan mengingat stigma negatif yang menimpa mereka. Parahnya, mereka bahkan kesulitan meraih predikat spesial bahkan dari orang-orang yang mereka cintai. Itulah tugas kita sesungguhnya, mampu tetap memberikan dukungan disaat mereka sulit. Tetap peduli meski mereka dianggap biasa. Mampu berbagai cinta meski sebagian lainnya menganggap mereka nista. Karena mereka sama seperti kita, manusia yang memiliki hak yang setara dengan kita.

Kita bisa jika kita mau. Pastinya, ODHA akan bahagia jika kita rela.

Bekasi - Jawa Barat
Bukti Tweet Artikel

Bukti Follow

4 comments:

  1. salam kenal dari Pontianak, sesama vlogger nih :D

    ReplyDelete
  2. salam kenal kembali ... iya sesama vlogger :D

    terima aksih dah mampir ya

    ReplyDelete
  3. ya, bener meraka tetep luar biasa. sama kayak manusia biasa. kompetitornya makin sip. ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  4. bener kawan kompetitor dalam hidup luar biasa banyak. mereka makin berat karena ada stigma negatif yang menempel dalam diri mereka ...

    aku kunjungin kok!

    ReplyDelete