Lihat Kemudahan Mengelola Akun dengan Fasilitas Twitter Analytic

11:15:00 AM Unknown 0 Comments

Tampilan Akun Twitter


Bagi sebuah brand atau buzzer, statistik akun Twitter yang dimiliki tentu sangat membantu untuk menyusun strategi. Berdasarkan data statistik tersebut, sebuah akun dapat mengetahui sejauh mana kicauan mereka memberikan impresi kepada para followernya. 

Saya sendiri bukanlah akun buzzer karena siapalah saya sampai harus dibayar segala untuk sekedar berkicau di Twitter. Hanya saja, saya selalu penasaran saat masuk ke akun Twitter saya dan disuguhkan data statistik mengenai akun saya yang selalu hadir di sisi kanan atas sebagaimana gambar di atas.

Bermodalkan rasa penasaran tersebut, akhirnya saya mengeklik tombol "view your top Tweet". Saya penasaran tweet seperti apa yang benar-benar disukai oleh teman-teman saya di Twitter. Hasilnya lumayan lengkap dan unik. Pertama kali yang disuguhkan adalah kolom data tentang kicauan saya yang mendapatkan impresi bagus. Data tersebut terbentang hingga 28 hari terakhir dan bisa dimodifikasi waktunya di kolom tanggal dan bulan. 

Kolom Top Tweet dan Penampakan Impresi Akun dalam Sebulan
Kolom ini kemudian bisa diperinci lagi dengan melihat data-data di samping kanan yang menampilkan "engagements". Di sini, kita bisa melihat berapa banyak yang meritwit, menyukai, dan membalas kicauan kita. Artinya, interaksi kita dan orang lain terangkum dengan baik di sini. Bagi para pengelola brand, kolom ini pasti sangat berguna untuk menentukan jenis twit apa yang kemudian akan diposting di kemudian hari.
Engagement 1

Engagement 2
Jika ingin mengetahui lebih jauh bagaimana kinerja akun setiap bulannya, silakan klik "home". Di sana, kita kan melihat rangkuman kinerja akun setiap bulannya. Pada bagian ini, selain top tweet, ada juga top mention dan top follower. Jangan lupa juga melihat statistik jumlah cuitan hingga follower baru kita pada bagian kanan. Tentu hal ini penting sekali bagi siapapun yang mengelola akun sebuah brand atau buzzer. Mention teratas dan follower teratas bisa dijadikan sebagai sebuah tolok ukur bagaimana kinerja akun dalam sebulan tersebut. 
Rangkuman Sebulan
Untuk followers, klik "audiences" dan lihat perkembangan follower serta demografi mereka. Yang bagi saya menarik adalah disajikannya kolom interes pada bagian ini. Kita bisa melihat apa yang diminati oleh para follower akun kita. Ini juga tentu saja penting untuk mendapatkan impresi yang baik. Sebab apa jadinya jika 80% follower suka musik tapi kita jejali mereka dengan cuitan tentang pertanian? 
Kolom Interes (Minat) Follower
Terakhir yang cukup menarik dari alat analisis bawaan Twitter ini adalah tentang "event" atau kegiatan yang menarik. Kolom event ini berisi tentang kegiatan-kegiatan dari berbagai bidang (tema), berbagai lokasi, dan waktu tertentu. Sayangnya, lokasi Indonesia belum tercantum di sana. Padahal, bagi para buzzer tentu hal ini lumayan membantu untuk menambah impresi cuitan mereka. Semoga saja, pihak Twitter di kemudian hari akan mengakomodasi para pecinta Twitter asal Indonesia dengan memasukkan negara kita ke kolom lokasi.
Kolom Event
Semua data statistik yang disajikan oleh Twitter Analitik ini tentu saja kian memanjakan kita sebagai pemilik akun, bahkan bagi perseorangan seperti saya sekalipun. Kini kita tidak perlu lagi menganalisis kinerja akun Twitter kita di aplikasi pihak ketiga. Bagi para pemilik brand, ada fasilitas berbayar yang bisa membuat akun tersebut kian baik kinerjanya. Untuk yang satu itu, silakan klik artikel saya di sini. 

Selamat memanfaatkan Twitter Analitis wahai para pengelola brand dan buzzer!

0 comments: