Lulu: Nama Semua Bayi di Gehol

3:16:00 PM Unknown 0 Comments

Untitled Document
Tradisi menamai di Gehol sudah ada dalam artikel sebelumnya yang berjudul Cara Unik Menamai Anak di Gehol. Nah, jika sebelumnya hanya bercerita tentang huruf awal yang direkomendasikan dipakan berdasarkan hari, maka kali ini akan diulas mengenai perlakuan orang tua pada anak yang baru lahir.
Di Gehol, setiap anak yang lahir akan diperlakukan dengan sangat istimewa. Jika saat lahir dan perlakuan terhadap ari-ari hamper sama dengan semua tradisi di Indonesia, maka penamaan menunjukkan cirri khas yang sukar ditemui di tempat lain.
Bayi-bayi yang lahir di Gehol dipandang suci sesuci-sucinya. Selama empat puluh hari, si bayi akan ditunggui orang tuanya setiap malam. Selama empat puluh hari itu, setiap malam para orang tua yang tinggal seatap dengan si bayi akan bergiliran menjaga. Tak jarang, tetangga ikut juga menemani.
Acara lek-lekan ini dilakukan salah satunya untuk menjaga agar si bayi tetap selamat. Warga Gehol berpendapat bahwa waktu paling rawan bagi para bayi adalah empat puluh hari pertama seja ia dilahirkan. Untuk itu, demi menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan, maka menjaga bayi di malam hari menjadi tradisi dan kewajiban kaum lelaki.
Selain itu, di Gehol dahulu kala banyak berkeliaran pemilik teluh yang mengincar nyawa bayi. Karena bayi masih suci, nyawa mereka sangat diinginkan oleh kaum yang berserikat dengan iblis alias muja. Biasanya, teluh ini berbentuk cahaya yang malang-melintang di langit Gehol. Karena bentuknya seperti meteor, maka saat meteor asli memperlihatkan wujud sering pula warga berteriak-teriak teluh.
Nah, yang paling unik adalah selama empat puluh hari tersebut si jabang bayi tidak akan diberi nama. Para bayi yang lahir di Gehol akan diberi nama sementara, Lulu. Otomatis, nama Lulu adalah nama semua bayi yang ada di Gehol. Entah kenapa nama ini yang dipakai untuk menamai selama empat puluh hari awal hidup mereka.
Nama Lulu sendiri akhirnya sangat jarang ditemui pada warga asli Gehol. Jika si Lulu yang paling dikenal masyarakat Jakarta adalah adik dari Lupus, maka di Gehol Lulu adalah nama yangt pasti dilekatkan pada bayi yang baru lahir. Otomatis, tak ada anak-anak, dewasa, dan orang tua yang memiliki nama Lulu. Karena semua warga yang lahir di Gehol pada awalnya adalah Lulu.
Unik bukan? Sulit ditemukan di bagian lain di bumi ini yang menjalankan tradisi ini. Jadi, jika Anda menanyakan siapa nama bayi yang baru lahir di Gehol, sebanyak apapun bayi yang lahir, nama mereka adalah Lulu. Si Lulu.

0 comments: