Ki Kabayan Pahlawan Gehol

11:00:00 AM Gehol Gaul 3 Comments


Ilustrasi Kabayan

Kabayan pasti sudah sangat akrab dalam khasanah dongen masyarakat Indonesia. Namun yang menjadi pahlawan Gehol kali ini jauh dari figur Kabayan dalam dongeng Sunda. Meski mungkin pada masa lalu Kabayan dalam dongeng memiliki peran serupa dalam diri Kabayan yang jadi pahlawan Gehol.

Kabayan di Gehol adalah perangkat desa paling rendah dalam struktur pemerintahan desa. Karena kabayan mungkin terasa “udik”, maka kini jabatan tersebut menjadi urusan umum. Kabayan di Gehol benar-benar mampu menjadi roh pemerintahan di Gehol. Ia lebih merakyat dan lebih popular serta lebih akrab dengan warganya ketimbang para pemangku tugas desa lainnya. Jika Kabayan disukai karena peranannya, maka pemangku yang lain boleh jadi lebih ditakuti daripada disukai.

Tugasnya berbanding terbalik dengan pangkatnya. Tugas Kabayan di kampungku seabreg. Bayangkan saja ia bertugas menyampaikan surat-surat untuk warga Gehol, mengundang pamong ke rumah masing-masing jika ada musyawarah, mengundang warga gotong-royong, dan urusan tetek bengek lainnya. Daya jelajahnya di kampung adalah yang paling tinggi sebab dalam seminggu dia bisa dua hingga tiga kali menyambangi sebuah rumah warga. Dia meluruh menjadi pesan itu sendiri, Ki Kabayan adalah pesan dan pesan adalah Kabayan. Ajaib!

Mungkin karena perannya yang amat penting itulah Kabayan telah menjelma menjadi semacam ikon dalam susatra kuno Sunda. Banyak gambaran mengenai Kabayan mulai dari kata Ny. Maria Coster Wijsman (1929) yang mengartikan kabayan semacam pamong desa yang bertugas menyampaikan berita. Dan inilah yang terdekat maknanya sebagaimana peran Kabayan yang heroik di Gehol.

Sementara itu Prof. Berg meneliti arti kabayan dari sisi etimologinya. Menurutnya istilah tersebut berasal dari bahasa Sanskerta, bhaya, yang artinya takut. Hal ini sesuai dengan gambaran kabayan versi Tanganan Pangrisingan yang harus memiliki sipat "magis". Kedua, istilah kabayan diambil dari kata dasar bay yang berarti wanita. Hal ini sesuai dengan nama Ken Bayan dalam cerita-cerita Panji.

Deskripsi di atas pasti mendeskripsikan Kabayan yang lain. Karena Kabayan di Gehol tak mengenal waktu dalam menyampaikan pesan. Hal ini memustahilkan bahwa ia penakut dan seperti wanita. Ketika jaman Kabayan eksis di Gehol alat komunikasi adalah indra dalam tubuh manusia saja yang tersedia. Tak ada HP, HT dan jenis lainnya. Ia tak peduli siang bolong, gelap gulita tengah malam, hujan penuh dengan gelegar petir hingga cuaca cerah dalam menjalankan tugasnya mengantar pesan. Percaya atau tidak, senyum khasnya selalu ada saat ia menyambangi rumah kami.

Vitalnya kehadiran Ki Kabayan (begitu kami menyebutnya) sangat terasa dalam berbagai kesempatan. Dalam rapat-rapat desa ia akan selalu hadir demi memastikan rapat berjalan sesuai rencana. Mulai dari tetek bengek peralatan hingga makanan akan ia pastikan mencukupi minimal untuk para pembesar desa. Ia jugalah yang memastikan bahwa semua yang hadir adalah yang ia undang. Peserta, pembicara, dan undangan kehormatan hanya tinggal memerankan tugasnya masing-masing. Tak pernah pusing!

Kisah kepahlawanan yang sebenarnya dalam diri Kabayan di Gehol mungkin takkan pernah ditemui lagi. Kecanggihan teknologi dan restruktirisasi pemerintahan desa telah menendang jauh-jauh peran dan jabatan kabayan. Kini takkan ada lagi Ki Kabayan.

3 comments:

  1. ceritanya menarik, klo bgi byk org yg nmanya "kabayan" psti lgsung trtuju pda ssok cerita sunda dg gya bhsa khas sunda si kabayan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      Delete
  2. betul bro ...
    Kabayan di daerah kami sejatinya pangkat saja ...
    Dia bisa dikatakan nyawa pemerintahan desa ...
    thank balik lagi kemari ...
    =))

    ReplyDelete