VIVA Baru Nan Berwarna

11:45:00 AM Unknown 0 Comments


Scrolling Terus!
Terbiasa dengan vivanews.com selama bertahun-tahun tentu sangat nempel di kepala. Sayang, ketika hendak mereviewnya sudah keburu pindah ke .co.id sehingga tidak bisa menyertakan gambar waktu masih berformat .com.

Saat memakai .com, yang paling lekat di kepala adalah kemudahan memindah tab menu yang ada. Sesuatu yang membuat saya kian mudah memilih kategori berita mana yang paling diminati. Saya akan meletakkannya dibagian atas agar tidak perlu menggerakan maouse terlalu banyak.

Kini setelah berganti baju menjadi viva.co.id, banyak hal yang membuat mata memerlukan kerja lebih menyesuaikan untuk menghapus memori vivanews.com yang terlalu lama melekat di otak. Sayangnya, ada beberapa hal yang memerlukan kerja keras mata, tangan, dan computer layar mini. 

1.      Mataku Terbentur Warnamu
Karena banyaknya menu yang coba dihadirkan untuk memudahkan pembaca memilih kategori yang diinginkan berakibat mata terlalu asyik melirik. Sayangnya yang dilirik begitu banyak sehingga mata tertatih merekam semuanya. Belum semua terlirik akibat tangan malas scrolling, muncullah iklan-iklan gaban yang “mengagetkan”. 

Mata kian terengah saat memilih kategori menunya. Dari suguhan warna merah mencolok di tab menu home, secara tiba-tiba mata disajikan pandangan hijau di tab bola, kemudian disajikan warna dasar krem di menu life, ungu di blog, dan aneka warna lainnya. Mata juga terasa lelah saat meletakkan tanda panah di menu. Sederet menu hadir dan memenuhi hampir sebagian foto di berita utama. 

Beruntung, kelelahan tersebut bisa diobati dengan ragam berita yang sudah dikategorikan. Jujur, kategorisasi memang memudahkan dan penting, namun melelahkan mata tentu mengurangi mood.

2.      Tanganku Scrolling Terus
Yap, ini adalah efek dari banyaknya kategori berita yang dimunculkan. Karena jaringan lelet, memencet menu tentu butuh kesabaran ekstra memunculkannya. Misalnya saja kategori bola memang terasa lengkap jika kita menuju http://bol.viva.co.id/, namun karena bandwidth killer, maka hal itu jarang saya lakukan. Saya akan tetap setia menarik layar hingga bawah demi menemukan berita terbaru. Lebih ringan meski tangan kram (lebay). Kendala tangan yang menarik layar ini kian terasa jika pindah ke layar 14 inchi ke bawah. Scrolling terasa seperti melatih jari-jari untuk tetap lentur. 

Bukti Tweet
Di atas terengahnya mata dan kerja keras jari tangan, banyak hal yang dihadirkan viva.co.id. Kategori yang meudahkan dan sistem login satu atap (kalo di web satu apa ya namanya), membuat membaca berita, mengomentari, berjejaring di vivasocio, posting di vivalog, sampai bermain imaji di forum terasa main-main di rumah dan masuk ke ruangan tanpa ada pintu terkunci. Ketika masuk ke rumah dan menjelajahi tiap ruangan tanpa kunci dan setiap kamar menyediakan apa yang dicari adalah sesuatu yang mengasyikan. 

Bukti Follow
Satu hal yang paling membuat penasaran adalah ikon set homepage. Ikon tersebut ada di bawah ikon home, berada sebelum tanggal dan waktu. Soalnya, ingatanku kembali melayang pada vivanews.com yang bisa setting sendiri tab menu. Setiap saat kuklik, tak ada reaksi.

0 comments: