Gunung Sagara: Tempat Mengintip Neraka

1:15:00 PM Gehol Gaul 37 Comments


Gunung Kumbang (didiwiardi.multiply.com)

Di tempatku tepatnya di Marenggeng sana, daerah ini merupakan tetangga kmpungku, terdapat seorang kuncen dari sebuah gunung yang penuh sejarah dan misteri. Gunung ini dijadikan rujukan bagi kekuatan mistik di daerahku. Sayangnya karena fokus pada kekuatan mistik yang digali, keluhuran dan nilai sejarahnya justru terlupakan. Di gunung ini berbagai mitos dan cerita menganai dunia lain terangkum begitu kuat. Gunung ini adalah Gunung Sagara.

Gunung Sagara ada yang menyebut sebagai anak dari Gunung Kumbang, namun ada juga yang menyebut Gunung Sagara adalah Gunung Kumbang itu sendiri. Gunung Sagara sendiri dinamakan demikian karena gunung ini memiliki kesamaan dengan sagara (lautan) yang jika diarungi dengan tidak dengan bijaksana bsa menyesatkan. Ada juga yang menganggap nama sagara berasal dari sebuah danau terpendam yang ada di dalam perut gunung yang sebagian besar hutannya masih alami ini.

 

Namun ada sebuah alasan lain yang paling masuk akal kenapa gunung ini dinamakan Gunung Sagara. Konon, jika cuaca cerah dan jarak pandangnya memungkinkan, dari gunung ini kita bias melihat Samudra Hindia alias Laut Kidul. Maka tak heran jika tempat ini memiliki tempat yang istimewa dalam khasanak mistik Sunda dan Jawa sekaligus.

Nama Gunung Kumbang sendiri dalam catatan resmi terdapat dalam naskah yang ditulis pada daun nipah, dalam puisi naratif berupa lirik yang terdiri dari delapan suku kata, dan saat ini disimpan di Perpustakaan Bodley di Oxford sejak tahun 1627 (MS Jav. b. 3 (R), cf. Noorduyn 1968:469, Ricklefs/Voorhoeve 1977:181). Yang menjadi tokoh dalam naskah ini adalah Prabu Jaya Pakuan alias Bujangga Manik, seorang resi Hindu dari Kerajaan Sunda yang, walaupun merupakan seorang prabu pada keraton Pakuan Pajajaran (ibu kota kerajaan, yang bertempat di wilayah yang sekarang menjadi kota Bogor), lebih suka menjalani hidup sebagai seorang resi. Sebagai seorang resi, dia melakukan dua kali perjalanan dari Pakuan Pajajaran ke Jawa.

Paling tidak ada dua naskah Sunda yang terkenal, yaitu Sewaka Darma dari Kabuyutan Ciburuy, Garut dan Carita Ratu Pakuan, yang menyebutkan sendiri bahwa (isi) naskahnya berasal dari (dan hasil bertapa dari) Gunung Kumbang (1218). Gunung Kumbang masa lampau mungkin adalah sebuah tempat lemah dewasasana, kabuyutan, dan tempat bagi para intelektual masa kerajaan Sunda. Mungkin di sini termasuk pula Gunung Sagara, di mana Gunung Sagara terletak di lereng selatan Gunung Kumbang tersebut.

Penuh Mitos dan Tempat Pemujaan

Gunung Sagara yang sekarang telah sangat kental dengan mitos dan tempat pemujaan. Mitos terakhir yang pernah menggegerkan adalah longsornya lereng di Marenggeng. Pada tanggal 6 Februari 2008 terjadi tanah longsor di Dukuh Marenggeng, Desa Sindangwangi, yang menelan korban jiwa sebanyak tujuh orang dan mengisolasi dukuh tersebut.

Percaya atau tidak, mereka adalah orang-orang yang mencuri arca yang ada di Gunung Sagara. Sebuah tindakan yang sangat ditabukan di sana. Apapun jika ingin dilakukan, maka perijinan dan syarat yang ketat dibutuhkan agar tidak menimbulkan bala.  Hingga kini, arca yang mereka curi dibiarkan ada di atas kuburan para korban ini.

Yang paling banyak berkunjung ke Gunung Sagara adalah mereka yang menekuni dunia spiritual. Setiap Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon, tempat pemujaan di Gunung Sagara pasti ada pengunjungnya. Di Marenggeng sendiri, ada seorang kuncen yang siap memandu menuju tempat petilasan tersebut.

Yang menjadi mitos turun temurun mengenai Gunung Sagara adalah adanya tempat mengintip neraka sekaligus memuja kekayaan. Konon, ada sebuah lubang yang jika kita melihat kedalamnya, kita mampu melihat gambaran neraka dengan sangat jelas. Tentunya hanya orang dengan keberanian dan sayarat tertentu yang mampu dan boleh melakukannya.

Gambaran mengenai pemujaan untuk mendapatkan kekayaan juga bias dilihat di sana. Jika misalnya kita ingin mendapatkan kekayaan dengan system tumbal maka di sana akan dibahas dengan seksama perjanjiannya. Hal ini termasuk korban mana yang akan diberikan. Jika yang melintas domba kecil, maka itu artinya anak sang pemuja yang disiapkan. Jika yang melintas domba betina maka artinya istri si pemuja yang harus direlakan. Begitu seterusnya.

Menariknya yang dijadikan perumpamaan adalah binatang domba, sesuatu yang sangat mirip dengan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Tentu saja konteks dan tujuan dari keduanya sangat berbeda.

37 comments:

  1. wah syaratnya susah sist,,,
    dulu saya mohon2 sama kuncen gak dikasih...
    katanya saya masih belum bisa nahan hawa nafsu ...

    makasih ya dah mampir kembali

    ReplyDelete
  2. Blog yang sangat bagus gan,,,,, kunjungan balik and follow balik ya gan,,,,,,,

    minta back link alexa.a gan soal nya punya ane baru ganti domain nih,,,

    http://www.falahmulyana.com/

    makasih ebelum nya gan.........
    happy blogging gan

    ReplyDelete
  3. makasih gan dah mampir ... siap gan ane pasti kunjung balik ..

    ReplyDelete
  4. kunjungan balik kang dari review-newgadget.blogspot.com, makasih ya kunjungannya kang..

    kok nggak ada gadget followernya ya kang, saya mau follow blognya... hehehe :)

    ReplyDelete
  5. oke kang maksih banget mampir balik ...
    ya nanti saya munculin ...

    ReplyDelete
  6. Kang Didi Sujana nuhun tos mampir ...
    tuker link nya ...

    ReplyDelete
  7. wah sempet nyoba jg ya?istgfar mas, akidah jauh lebih penting drpd harta...

    ReplyDelete
  8. hahahaha baca dong yang seksama di sana nggak ada satupun yang menyatakan saya pernah mencoba ...
    terima kasih kunjungannya

    ReplyDelete
  9. hahhaa berarti harus orang pinter dulu yaa baru bisa liat nerakanya,,,
    jadi penasaran nih pengen ngeliat, siapa tau jadi bisa memperkuat iman..

    SALAM,

    ReplyDelete
  10. yang jelas kuncennya banyak syarat mas bro hahaha ...

    salam balik
    terima kasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  11. di desa saya ada sungai namanya sungai ciburuy di kabupaten garut

    ReplyDelete
  12. wah urang sunda oge kang Asaz...

    terima kasih sudha mampir Kang

    ReplyDelete
  13. jangan salah kaprah dong, berkunjung boleh menelusuri sejarah leluhur kita, tapi kalo neko neko itu udah ada gambaran neraka, kenapa gak surga. .pikir. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga tempat pemujaan, tempat dimana persekutuan manusia dan setan terjadi. muja itu ada risikonya, makanya yang diperlihatkan ya risiko itu.

      Delete
  14. bisaan bae neangan infona ... yy bby

    ReplyDelete
  15. coba gali lagi didaerah babakan yang katanya sumbernya air zam zam ada nara sumber yang bisa dipercaya nama mata airnya cinengsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. cinangsi nama mata airnya gan, cuma kalo zam-zam ane blum pernah denger dan saat dikonfirmasi pada ogah jawab dan menyangsikan

      Delete
  16. Wah.. ternyata namanya gunung Sagara toh, baru tahu...
    dari tempatku gunung ini terlihat jelas banget
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  17. Ya Gunung Sagara, salam kenal balik

    ReplyDelete
  18. padahal masih banyak lagi kalou di gali imponya kang cinangsi patahunan gunung gelis gunung bribis gunung selamet co gali lagi biar anak cucu kita tau sejarah di kampung kita salam kenal dari orang sindangwangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih terus nyari juga kang, kalo tahu silakan diimel aja kang ke saya hehehehehe

      Delete
  19. Sebetulnya kalo mau menggali lebih dalam lagi,banyak ko narasumbernya, , , terus kalo mau cari info tentang sejarah, , , jangan ambil satu sisinya aja dong, masih banyak kok info sejarah yang sama tp beda penerjemahanya, jangang cukup dari 1 narasumber saja,cari info sebanyak mungkin, cocokan dulu, , , seteelah kongkrit baru di expos, , ,( Mf. lam kenal aja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nunggu semua info konkrit pastinya gak bakal rilis-rilis Bro :)

      Delete
  20. lokasinya di daerah mana?

    ReplyDelete
  21. Kalo ada yg jadi mau berkunjung ke gn.sagara sok lah mapir di lembur saya,jero tengah bentarsari (adnan subekhi)

    ReplyDelete
  22. Wah .. br tau ane. Padahal gak jauh loh dr desaku . Tanks info nya.

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA ibu ersin Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    500 JT saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KI Sunan Jati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 HARI
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI Sunan Jati
    kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 2Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KI Sunan Jati DI NOMOR 082_349_535_132
    agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi KI Sunan Jati pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    ReplyDelete
  25. Bagus info nya gan..
    Jadi pengin ke main ke situ

    ReplyDelete
  26. Wah gunung salem wilayahe inyong

    Inyong apal wilayah gunung salem gunung kumbang angker
    Serem klu malem





    Tapi aku pengin njitak kepalanya tuyul ga pernah nongol sih
    Padahal ak sering lewatin jln gunung salem kumbang klu mau ke majenang pasti aku lewat gunung iku

    Yg aku tunggu2 pengin lihat tuyul jah penasaran
    Kalau mau yah tuyulnya tak plihara klu tuyulnya ga mau yah tuyulnya tak jitak hehee

    ReplyDelete
  27. Kalau mau kaya yah kerja jangan malas


    Banyak modus penipuan pesugihan entut

    Aku percaya
    Klu orang sudah bersekutu dgn setan pasti kaya raya satu contoh temenku.
    Temenku menikahi kuntilanak
    Kini temenku menikmati duniawi
    Mobil 2 rumah mewah dn punya vila di guci
    Juga bnr2 aku tau sendiri riwayat temenku. Temenku
    Dulu miskin ga kerja ke mana2 alias nganggur cah tongkrongan


    Tapi orang2 pada kaget
    Setelah temenku bikin rumah beli mobil duit dari mana?

    Hanya temen deketnya yg pada tau
    Temenku pesugihan kuntilanak menikahi kuntilanak itu seumur hidupnya temenku mengahabiskan sisa umurnya brsama si kuntilanak itu.
    Pantangannya klu temenku nikah sama wanita lain akibatnya fatal temenku bisa mati


    Jdi seumur hidupnya temenku
    Ga bisa menikmati tubuhnya wanita asli manusia maksudnya

    Tak guna kaya raya tapi ga bisa main prempuan wahh ogah.

    ReplyDelete