Uniknya Kekerabatan di Gehol

4:57:00 PM Gehol Gaul 0 Comments

Ilustrasi Keluarga
Masih ingat dengan sistempenamaan anak dengan memakai primbon sederhana ala Gehol? Nah, di artikel kali ini akan digambarkan sedikit keunikan system kekerabatan di Gehol.

Setiap daerah pasti memiliki system kekeluargaan. Tentu saja system tersebut unik sebagaimana uniknya setiap budaya di daerah setempat. Nah, keunikan akan kekerabatan di Gehol alias Jetak berikut bisa jadi hanya terjadi di daerah Gehol saja. Namun tentu juga tidak menutup kemungkinan terjadi juga di daerah lain, dengan sebutan berbeda.

Keunikan system kekerabatan di Gehol bukan saja sebatas nama, namun juga bagaimana hubungan tersebut bisa tercipta. Mau tau seberapa unik? Sila simak sedikit uraian dari saya.
                   
1.      Mimisanan
Mimisanan adalah istilah kekerabatan di Gehol yang dalam bahasa Indonesia berarti sepupu. Lucunya, kata mimisanan sangat mirip dengan kata mimisan yang berarti terjadinya hidung berdarah. Gejala yang sangat biasa terjadi pada anak-anak.

Entah kenapa sepupu dalam budaya Gehol dinamakan mimisanan yang memiliki kedekatan kata dengan mimisan. Kemungkinan besar hal tersebut mengindikasikan betapa dekatnya hubungan antara orang yang terikat. Lihat saja betapa darah yang keluar dari hidung saat mimisan. Begitu dekat dengan kita sehingga tanpa melihatnyapun kita sudah merasakannya.

Dengan asumsi bahwa kata tersebut mengindikasikan kedekatan yang teramat dekat, maka sudah semestinya orang-orang yang terikat dengan keadaan tersebut memiliki ikatan persaudaraan yang lebih. Dengan kedekatan hubungan darah sebagimana saat mimisan, maka sepenanggungan dan sependeritaan antar orang yang terikat harus saling merasakan dikala salah satunya menderita.

Peringatan lainnya yang sangat mungkin adalah tentang larangan menikah antarkeluarga dekat. Hal ini mengingat bahaya pernikahan dengan saudara dekat, maka kata mimisananlah yang dipilih. Sebab kata ini dekat sekali dengan peristiwa menyakitkan dan mudah sekali pemicunya, keluarnya darah dari hidung.

2.      Sisilahan
Istilah kekerabatan yang kedua dan yang paling unik adalah sisilahan. Kekerabatan ini tidak mengikat pada orang-orang yang memiliki darah yang sama. Ikatan keluarga yang disatukan dengan istilah sisilahan adalah nama.

Ya di Gehol, jika Anda memiliki nama yang sama, maka hal itu dinamakan sisilahan. Anda akan dianggap keluarga oleh orang yang bernama sama dengan Anda. Karena dianggap saudara, maka siap-siaplah setiap lebaran Anda akan diberi rantang berisi makanan. Selain setiap lebaran, setiap kali orang yang bernama sama dengan Anda melakukan hajatan, maka Anda akan ikut kecipratan nikmatnya.

Mungkin hanya di Gehol saja orang yang “kebetulan” bernama sama akan dianggap keluarga sendiri. Sesuatu yang mungkin sekali sulit ditemui di daerah lain.

Ingin banyak saudara? Tinggallah di Gehol dan cari nama yang sama. Dijamin!

0 comments: