Brebes, Diantara Kebo dan Jalan Blekukan

4:27:00 PM Unknown 0 Comments

Pilkada untuk memilih Gubernur Jawa Tengah usai sudah. Pemenangnya adalah muka baru dari Partai Kebo alias PDIP. Meski secara definitive KPUD Jawa Tengah belum mengumumkan kemenangan Ganjar Pranowo, namun seluruh lembaga penyelenggara quick count menunjukkan bahwa langkah tokoh muda ini di Jateng 1 tak terbendung.

Kemenangan Ganjar cukup keren mengingat PDIP sempat “membuang” kader militant asli Jawa Tengah yang digadang-gadang bakal dijadokan jagoan. Rustriningsih, yang jadi kader PDIP militant dan popular di Jateng batal dijadikan jagoan karena dinilai Megawati “mbalelo”. Maka, kemenangan Ganjar patut diapresiasi, apalagi lawannya kali ini adalah incumbent sekaligus pensiunan jenderal yang didukung mesin politik solid dan sedang berkuasa.

Namun, bagi warga Brebes khususnya Gehol, kemenangan kaum muda dari PDIP belumlah tentu angin segar. Ingat! Saat ini Bupati Brebes yang baru seumur jagung memimpin G-1 juga berasal dari PDIP. Malangnya, buruknya insfratruktur di Brebes, terutama Brebes Selatan membuat langkahnya bak mendaki dinding terjal. Belum juga dilantik, Sang Bupati sudah digoyang pemekaran.

Beruntung, 2013 adalah tahun politik tahunnya siap-siap meraih sesuatu yang lebih oke di saat pemilihan nanti. Kini, para pegiat pemekaran menghilang mengembara membawa kepentingan mereka masing-masing. Buktinya, arena pilgub jadi pertaruhan. Yang sibuk omong pemekaran menyelinap di tiap-tiap tim sukses guna amankan kursi 2014 nanti. Nah, lengkap sudah derita Gehol bukan?

Gehol dan masyarakat Bantarkawung lainnya akan tetap tersaruk-saruk di jalanan penuh lubang dan lumpur. Rasanya sulit menghilangkan “blekukan” di jalanan Brebes saat ini. Maklum saja, baik pemimpin local alias bupati dan gubernurnya berasal dari partai dengan lambing kerbau. Dan tahukan sifat kerbau? Suka gupak alias mandi lumpur.

Jadi, jangan berharap banyak dengan terjadinya peralihan kekuasaan dari mantan militer didukung Demokrat yang elitis ke partai yang mencitrakan diri sebagai partai wong cilik ini. Sebagaimana yang terjadi dengan Brebes, maka sudah sepantasnya jika Jawa Tengah tetap memalingkan wajah dari Gehol. Ibarat pantun Gehol, bahwa Gehol milih Gehol dipigih.


Jika pemilihan bupati dan gubernur tak memberikan perubahan signifikan bagi kehidupan bangsa Gehol, apakah demikian juga dengan pemilihan presiden, dpr, dprd, dan kepala desa tahun mendatang? Hanya waktu yang bisa menjawab.

0 comments: