Yuk Lihat Tampilan Terbaru Facebook

11:21:00 AM Unknown 0 Comments

(Tombol "Status")
Seperti biasa, sebagai seorang yang disuruh Facebookan oleh kantor, maka laman pertama yang saya buka adalah jejaring sosial besutan Zuckerberg. Lalu, terbukalah sesuatu yang baru dari jejaring sosial beraksen biru ini.

(Tampilan Kolom Posting)
Adalah tombol status yang "nangkring" di antara "home" dan "nama pemilik akun" yang membuat saya langsung teringat Twitter. Twitter menempatkan tombol dengan fungsi serupa yang terletak tepat di samping nama pemilik akun. Bukan cuma kesamaan fungsi dan letak yang makin membuat dua situs sosial media ini makin mirip, tampilan desain yang disajikan pun terlihat sangat mirip.

(Tombol Tweet di Twitter)
Kemiripan-kemiripan tampilan dan fungsi dari dua raksasa jejaring sosial ini memunculkan pertanyaan, siapa meniru siapa? Susah menelusuri pertanyaan di atas. Namun yang harus dipahami adalah keinginan keduanya untuk memanjakan pemilik akun mau tak mau membuat mereka makin mirip dalam tampilan. Keinginan untuk memberikan yang terbaik inilah yang menurut saya membuat keduanya mau tak mau menggunakan tampilan yang familiar sehingga mengesankan adanya saling contek.

(Notifikasi Update Q&A)
Selain adanya pembaharuan dari tampilan terkait tombol posting, Facebook juga memberikan "term of policy" yang baru bagi penggunanya. Menurut pemberitahuan yang dirilis, semua "aturan" yang baru akan efektif pada 1 Januari 2015. 

(Tujuan Facebook Merilis Update Q&A)
Kembali, alasan memanjakan pengguna dipakai Facebook kenapa mereka memperbaharui aneka aturan. Facebook mengatakan bahwa aturan baru ini sebagai jawaban bagi mereka yang ingin lebih bisa mengontrol Facebook bagi diri sendiri. Sebagaimana kita ketahui, Zuckerberg sangat konsern pada masalah privasi. Salah satu hal dasar yang mendapat perubahan adalah mengenai masalah ini. Bagaimanapun, banyak pengguna Facebook yang sering direpotkan oleh konten yang tiba-tiba "nyelonong" di wall mereka. Parahnya, banyak yang tahu cara menghindar dari serbuan konten yang "nyelonong" ini. 

Nah, bagaimana menurut pengguna Facebook sendiri mengenai perubahan ini?


0 comments: