Kini Pesan WhatsApp Sudah "Read"

10:38:00 AM Unknown 0 Comments

Selamat manyun bagi para pemakai WhatsApp sebab kini tak bisa lagi bersikap pura-pura tidak mengetahui ada pesan masuk. Kini, aplikasi pesan yang sudah dimiliki oleh Facebook ini telah memberikan tanda bahwa pesan sudah dibaca penerima.

Upgrade yang dilakukan oleh aplikasi besutan Jan Koum ini terbilang sebuah hal yang ditunggu atau mungkin juga dibenci sebagian kecil pemakainya. Ditunggu karena hampir semua aplikasi perpesanan mulai dari BBM hingga Line punya notifikasi yang menjelaskan bahwa pesan yang dikirim telah dibaca penerima. Namun, WA (nama akrab WhatsApp), cenderung mengesalkan sekaligus menyenangkan.

(tampilan saat pesan ditekan lama)
Mengesalkan karena sebagai pengirim pesan terkadang kita begitu penasaran apakah pesan kita sudah dibaca atau belum. Awalnya kita mengira jika centang dua muncul, maka artinya pesan sudah terbaca. Padahal, centang dua hanya menyiratkan bahwa pesan sudah mendarat di handset penerima pesan. Kian menjengkelkan karena kita harus melihat kapan terakhir kali penerima pesan mengakses WA. Bahkan waktu bukan jaminan karena bisa saja penerima pesan sedang berkomunikasi dengan yang lain. Bagian yang ini pasti para jomblo yang dibuat ketar-ketir.

Jika sebelum ini pengirim pesan sangat dibuat jengkel, lain halnya dengan para penerima pesan. Kita dengan mudah akan meng-ignore segala pesan yang masuk sebab tidak ada bukti kita sudah membaca pesan yang datang. Menggantung pengirim pesan kian menyenangkan sebab pada dasarnya dinotifikasi umum pada sebagian besar smartphone sebenarnya pesan sudah muncul.

(tampilan "info")
Dengan adanya centang dua biru yang menandakan pesan sudah dibaca oleh penerima tentu memiliki dampak yang bagus buat para pengirim pesan. Jika pesan sudah centang dua biru, maka membaca perasaan penerima pesan akan lebih mudah bukan? Ini, lagi-lagi buat para jomblo! Tinggal menunggu seberapa cepat respon penerima dalam membalas pesan atau malah acuh.

Bagi para penerima yang tak sudi membalas pesan dari orang yang dianggap mengganggu, atau sedang mengetes perasaan tentu hal ini tidak lagi menyenangkan. Penerima pesan tidak bisa lagi berkelit saat ditagih jawaban atas pesan yang sudah dibaca. Jika sebelumnya bisa berkelit dengan alasan belum membaca pesan, maka kini saatnya mencari jawaban yang lebih kreatif gara-gara update centang dua biru dari WA ini.

Selain itu, pesan juga bisa diketahui seberapa lama atau seberapa cepat dibaca oleh penerima. Tinggal tekan beberapa lama, maka akan muncul notifikasi pilihan. Pilih saja "info" atau "i" dan kita bisa mengetahui kapan pesan kita terkirim dan dibaca. Hal ini bisa juga sebagai tolok ukur seberapa kuat jaringan yang kita gunakan. 

Selamat menikmati!


 

0 comments: